Friday, December 28, 2012

Hello Future


Belajar dari masa lalu.

Selalu ada hal menarik jika kita belajar dari masa lalu. Setiap orang memiliki masa lalu mereka sendiri-sendiri, baik atau buruk. Dan satu hal yang pasti dari masa lalu adalah masa tersebut tidak akan pernah bisa kita ulang walau seperseribu detikpun. Masa yang telah membuat kita seperti sekarang ini. Itulah masa lalu. Semua tak akan pernah sama seperti dahulu. Bumi terus berputar, manusia terus berubah. Hanya masa lalu yang akan tetap sama. 

Masa lalu memang sudah kita tinggalkan. Tapi bagaimana kita hari ini sangat ditentukan oleh masa lalu. Bagaimana pola pikir dan tingkat kedewasaan kita sangat diotentukan oleh bagaimana kita menyikapi masa lalu.

Betapa bodohnya aku yang di masa lalu terus asik dalam pengharapan yang salah tanpa pernah terusik, sementara aku sendiri menyadari betul kesalahan itu. Dan kini baru aku rasakan sesak akan rasa yang dulu begitu congkak. Mungkin aku memang harus segera beranjak, dari sebuah titik di mana aku selalu berpijak. 

Aku manusia biasa, berjalan dan terus mengikuti aliran kehidupan. Aku akan menjalani semua sesuai aturanku, selama itu tidak salah menurut aturanNya. Tapi dengan belajar dari masa lalu aku menyadari bahwa aku harus segera berubah. Harus dan tidak boleh tidak.

Perubahan itu perlu, karena dengan begitu aku belajar. 

And it's the beginning of something. It's a start either for you, and for us to have such as beautiful things. It's a hope, because finally there is another good things can happen, that we can finally be proud of.

Wednesday, December 26, 2012

Rindu Ini


Dear Kamu.

Masih ku ingat jelas saat itu, di mana aku termangu dalam kesendirianku. Kau hadir membawa angin segar, membuat aku kembali berfikir bahwa aku layak untuk kembali dicintai, dihormati dan dilindungi oleh seorang lelaki. 

Malam itu kita habiskan di sebuah restoran cepat saji. Bercerita tentang banyak hal hingga pukul lima di subuh hari. Suhu pendingin ruangan yang begitu rendah membuat rona merah bahagia itu hanya berupa wajah yang pucat pasi. Namun sesekali kau genggam erat tanganku, membuat aku hangat kembali. Pelan tetapi pasti, sejuta pesona yang kau pancarkan membuat aku jatuh hati. Walau ku tepis, diam-diam indahnya kedua mata coklat itu juga ku rindui. Duh, begitu mudahnya hatiku berlabuh kembali. Tuhan, dia makhluk terindah yang pernah menghampiri hati ini. Dia adalah bulan, meski angkuh diri tapi tetap menjadi yang terindah menyinari dalam gelapnya malam yang ku lalui.

Terlalu banyak pinta yang aku bisikkan pada Tuhan sejak pertemuan itu. Sesekali aku berdoa dalam sesegukan bertanya benarkah rasa ini adalah cinta yang kumaknai? Apakah kau juga punya rasa seperti yang aku rasa? Entahlah sayang, tabir yang kau buat kemudian terlalu banyak menyimpan misteri.

Namun kemudian dengan luka aku tersadar. Cinta kita bukan hal yang mungkin untuk jadi. Sebab kau dan dia ibarat dua insan yang telah terpatri. Salah aku yang telah hadir dan kemudian banyak berharap untuk juga dicintai. Dia adalah embun yang setiap pagi kau tunggu, sedangkan aku adalah mendung yang terkadang hanya merusak hangat senjamu. 

Oh Tuhan, aku sudahi semua harap dan rindu ini. Meski lagu mu tetap bernyayi dalam anganku, mungkin ini lah waktu di mana aku harus mengakhiri. Menunggu waktu di mana aku akan cukup baik bagimu, terasa begitu jengah. Aku bukan seorang pejuang. Tapi aku takkan menyerah. Mungkin aku hanya terlalu lelah...

Sunday, December 23, 2012

Tiada yang Kedua

Lihat ke sini, inilah aku yang senantiasa menghambakan diri dalam cintamu. Coba sebentar saja kau resapi atas apa aku berdiri.

Jika sedari awal perasaan ini hanya sebuah pura-pura, lalu kenapa aku harus bertahan sejauh ini? Sudah, jangan kau tanya lagi alasannya. Bahkan nalar pun hilang saat kau pinta aku menjelaskan rasanya.

Persepsi yang aku pilih menggambarkanmu, dan enggan membuka pintu untuk mengubah bentuknya. Aku takkan peduli dengan perkataan orang lain tentangmu. Persepsiku tentangmu tak kan kubiarkan terganggu. Bukankah begitu persepsi? Seutuhnya kuasaku?

Memang, sudah berulang kali aku mencoba membunuh perasaan ini. Tapi ibarat mengukur banyaknya air di samudra, semua ini sungguh sia-sia. Aku tak bisa. Jika yang kau pinta aku membuka lagi perasaan ini untuk hati-hati yang baru, maaf saja. Hatiku telah ku buka sia-sia untukmu. Tanpa ada yang kedua.

Tuesday, November 6, 2012

Sebuah Pengikhlasan

Ya Allah,
hamba amat menyadari bahwa semua yang terjadi adalah atas kehendakMu. Aku percaya bahwa mungkin ini memang jalan terbaik yang Engkau pilihkan untukku. Engkau-lah yang menuliskan rencana-rencana indah di telapak tanganku.  Maka aku serahkan semua perkara ini kepadaMu, ya Rabb.  Ampuni aku jika aku sering berbuat ingkar dan kufur terhadap ketentuanMu, sungguh terkadang aku hanya belum mengerti akan maksud dan tujuan atas semua rencana indahMu.


Tuhan, dalam doa dan sujudku aku mohon. Engkau Tuhan Maha Pengasih diatara yang paling kasih, lapangkanlah dadaku mudahkanlah urusanku. Jika memang dia jodohku, maka dekatkanlah hatiku dengan hatinya. Jika dia bukan jodohku, maka jauhkanlah. Tetapkanlah hatinya pada seorang wanita yang mampu membahagiakan dirinya. Sandingkanlah ia dengan bidadari surga yang tidak hanya cantik rupa namun juga meneduhkan jiwa. Bahagiakanlah dia dengan pilihannya. Hanya itu, Tuhan.

Demikian juga aku. Tuhan, jagalah hatiku agar selalu menjadi gadis yang baik hatinya. Sinari hatiku dengan keindahan dari sebuah penerimaan dan keikhlasan. Sungguh, aku ikhlas jika hanya itu yang dapat mengobati kepiluan hatiku, ya Rabb.

Tuhan, aku sadar betul bahwa aku tidak dapat memaksakan keinginan yang belum tentu baik untukku dan untuknya.  Jika memang berjodoh, aku biarkan Engkau menulis skenario pertemuan dan persatuan antara aku dan dia. Aku serahkan perkara ini seutuhnya kepadaMu. Sungguh, hanya Engkau, Tuhan Yang Maha Pengabul segala doa.

Amiin.

Saturday, November 3, 2012

I'm Trying


Mencoba dan berpura-pura. 
Apakah sama? 
Entah. Aku sendiri lebih memilih memaknainya secara berbeda. 

Mencoba berarti kamu memang ingin melakukan sesuatu yang sebenarnya kau sendiri tidak yakin apakah kau bisa, tapi kau tetap melakukannya dan percaya bahwa suatu saat apa yang kau coba lakukan akan berbuah manis. Kau punya tujuan.

Lalu apa bedanya dengan berpura-pura? 

Aku pernah berpura-pura untuk mencoba. Tapi aku tak bisa mencoba untuk berpura-pura. Itu saja. Sederhana. 
Dan apa perkara 'mencoba' yang paling sulit untuk aku lakukan sampai saat ini?  
To forget. Because trying to forget someone you love is just like trying to remember someone you never knew. 
Apakah aku harus mencoba berpura-pura lupa? Atau sebaliknya malah berpura-pura terlebih dahulu dan kemudian baru mencoba? 

Sulit memang. Jangan tanya rasanya. Aku lelah. Ingin sesekali aku menukar hati dengan dia, biar dia rasakan sendiri betapa lelahnya menjadi aku. Betapa lelahnya mencoba untuk lupa dan berpura-pura bahwa semua tinggal kenangan belaka. 

Oh, Tuhan.

Thursday, November 1, 2012

#NovemberWish

Hello and assalamualikum people.

What a nice thursday it is, nice a wheather hot and rainy day in Bogor, and what a beautiful early November I had.

 Hari ini zella awali dengan ujian Ilmu dan Teknologi Reproduksi, ilmu yang sebenarnya ga jauh-jauh dari selangkangan kalau kata dosen. Yaa, dengan ilmu yang seperti itu, harusnya sih semangat belajarnya, kan bisa jadi bekal buat berumah tangga nantinya *gue ngomong apa sih*, hahaha
Lumayan, zella bisa menjawab hampir 80% soal dengan benar *prediksi terbaik selama midterm ini*. Melegakan hati, menenangkan jiwa juga karena hanya tinggal 1 ujian lagi besok. Yeay, midterm will end

November selalu menyisakan cerita bahagia tiap tahunnya buat zella. Tidak hanya karena di bulan ini umur zella akan bertambah 1 tahun dan berkurangnya sisa hidup zella 1 tahun, tapi karena begitu banyak momen spesial yang terjadi di bulan ini pada setiap tahunnya.

Untuk November tahun ini, banyak sekali pengharapan-pengharapan yang zella ingin wujudkan. Yaa, bukankan membuat resolusi kemudian berdoa dan berharap boleh dilakukan setiap hari dan tidak hanya dilakukan di awal tahun saja? 

Berikut harapan-harapan zella untuk November tahun ini:
- Tetap diberi limpahan nikmat kesehatan dan hati yang baik oleh Yang Maha Kuasa.
- Ingin mengurangi mengkonsumsi Teh Kotak *I can't do this before*, memperbanyak makan makanan yang sehat, sayuran, buah, dan minum air putih. 
- Harus melewatkan pagi dengan sarapan, sekurangnya dengan secangkir hot Milo 3in1.
-Semoga rejeki zella dimudahkan dan semua beasiswa cair bulan ini, biar zella menabung dan bisa beli barang-barang keperluan tanpa meminta tambahan jajan ke orangtua.
- Lebih rajin lagi kuliahnya, mengurangi twitter dan facebook selama jam kuliah, apalagi sms dan bbm. Fokus, zella!
- Semua urusan beres bulan ini, no more pain no more stress no more tears and less sadness.
- Melewati bertambahnya usia bersama sahabat-sahabat dan orang-orang tercinta.
- Lebih rajin lagi nge-blognya, untuk bulan ini dan seterusnya. Dan semoga isi personal daily blog ini bukan cuma curahan hati zella aja, semoga nanti lebih banyak manfaatnya buat orang lain..
- To do things right for everyone and just be better than before. And I wish I can keep calm and waiting for you to decide. 

Terlalu banyak permintaan kah? Hahaha, biarin aja :p
Bukankah permintaan dan harapan kepada Tuhan itu boleh tidak terbatas, selama masih bisa bisa bermimpi, kenapa tidak? Kan? Hanya Allah tempat kita bergantung dan berharap.
Semoga akan selalu ada kemudahan buat mewujudkan semuanya. Amin. 

Wednesday, October 31, 2012

Pilihan

"..Apakah ada yang berpikir hidup ini bukan soal pilihan? Karena jika hidup hanya sebatas soal pilihan, bagaimana caranya kau akan melanjutkan hidupmu, jika ternyata kau adalah pilihan kedua atau berikutnya bagi orang pilihan pertamamu?"

~ Darwis Tere Liye  dalam novel Berjuta Rasanya

Wednesday, September 26, 2012

Shattered Apart

Ya Tuhan, aku pikir dulu akan bisa menerima kenyataan ini, ternyata sama sekali tidak. Aku terlampau egois dengan perasaanku. Jujur, aku ingin utuh memilikimu. Tanpa berbagi dengan siapapun. Namun pada kenyataannya kau selalu dimiliki oleh gadis itu, tanpa menyisakan sedikit pun tempat untukku. Aku keliru dan terlalu memaksakan diri akan hal yang tidak pernah menjadi milikku. Aku yang salah. Berangan terlalu tinggi tanpa menyiapkan landasan yang tepat jika seandainya nanti anganku jatuh dan mati.

Dan yang jauh lebih menyakitkan untukku adalah bahkan dengan segala sakit hati yang telah kau beri, aku tetap tidak punya alasan untuk membencimu dan kemudian pergi meninggalkanmu. Aku dengan lemahnya tetap bertahan dan berdiri di sudut ini, untukmu. 

Tuhan, bolehkah aku titipkan seluruh urusan perasaan ini pada-Mu Sang Pemilik Hati? Aku terlalu lemah, aku lelah. Sama seperti kemarin, di saat aku memohon kekuatan di malam-malam panjang penuh keresahan dan menyesakkan karena harus menahan nafas kerinduan, aku berserah diri.

Sunday, September 23, 2012

My Mood Song #2


♫ Love Me Like There's No Tomorrow - Queen ♫

You had to kill the conversation
You always had the upper hand
Got caught in love and stepped in sinking sand
You had to go and ruin all our plans
Packed your bags and you're leaving home
Got a one-way ticket and you're all set to go
But we have one more day together, so
Love me like there's no tomorrow
Hold me in your arms, tell me you mean it
This is our last goodbye and very soon it will be over
But today just love me like there's no tomorrow

I guess we drift alone in separate ways
I don't have all that far to go
God knows I learnt to play the lonely man
I've never felt so low in all my life
We were born to be just losers
So I guess there's a limit on how far we go
But we only have one more day together so

Love me like there's no tomorrow
Hold me in your arms, tell me you mean it
This is our last goodbye and very soon it will be over
But today just love me like there's no tomorrow

Tomorrow god knows just where I'll be
Tomorrow who knows just what's in store for me
Anything can happen but we only have one more day together, yeah
Just one more day forever, so

Love me like there's no tomorrow
Hold me in your arms, tell me you mean it
This is our last goodbye and very soon it will be over
But today just love me like there's no tomorrow

Tuesday, July 31, 2012

Ilusi Rasa



Well, aku jatuh cinta dan akhirnya terbelenggu dengan ilusi yang diciptakan oleh hatiku sendiri. Aku lupa daratan sebab sibuk mengais-ngais cinta yang selama ini menuntun hidupku. Dalam keadaan seperti ini aku tidak bisa lagi membedakan mana yang nyata dan mana yang hanya hasil bualan hatiku sendiri yang sedang memendam rindu. Ku biarkan diriku sendiri membuat ilusi-ilusi. Kejadian-kejadian kecil dan remeh-temeh seperti ucapan selamat pagi dan selamat malam saja sudah cukup membuatku berbahagia sepanjang hari, seolah-olah semua itu kabar baik. Padahal tak beberapa lama kemudian, saat aku menyadari semua itu cuma buah dari karangan perasaanku sendiri, saat itu juga hatiku remuk dan menjadi debu. Seketika luntur seluruh kebahagiaan itu. Aku patah hati dan lantas menyalahkan seseorang itu hanya ingin mempermainkanku. 

Duh, siapa yang mempermainkan siapa? 

Jangan tanyakan padaku tentang logika. Dalam kasusku yang sedang galau dirundung rasa jatuh cinta setengah-mati seperti ini memang sudah tidak ada lagi rasionalitas untuk dapat berpikir secara logika. Celakanya lagi, semakin aku coba menyadarkan pikiranku sendiri yang mulai tidak waras, semakin aku kalap dan akhirnya tenggelam karena perasaan itu.  

Ya Tuhan, sampai kapan aku membiarkan hatiku tertikam oleh ilusi perasaanku sendiri???

Monday, July 30, 2012

Forever Friendship

Sometimes in life, you find a special friend. Someone who changes your life just by being a part of it. Someone who makes you laugh until you can't stop. Someone who makes you believe that there really is good in the world. Someone who convinces you that there really is an unlocked door just waiting for you to open it. 

This is forever friendship. 

When you're down and the world seems dark and empty, your forever friend lifts you up in spirit and makes that dark and empty world suddenly seem bright and full. Your forever friend gets you through the hard times, the sad times and the confused times. If you turn and walk away, your forever friend follows. If you lose your way, your forever friend guides you and cheers you on. Your forever friend holds your hand and tells you that everything is going to be okay. And if you find such a friend, you feel happy and complete because you need not worry. 

You have a forever friend, and forever has no end.


You have a forever friend, and forever has no end.

Even though we've changed and we're all finding our own place in the world, we all know that when the tears fall or the smile spreads across our face, we'll come to each other because no matter where this crazy world takes us, nothing will ever change so much to the point where we're all still friends.

Saturday, July 28, 2012

I Pretend I'm Okay

I've been asked so many times i've lost count why do I smile???

It's simple really. I smile because if I smile then no one will ever ask me what is wrong.

I laugh and i smile and i cry because these are things you are supposed to do but i can't really feel it most of the time.

I have never been one to talk about how i feel or even tried to understand what i was feeling.

I kind of just carried on. I don't want people to feel bad for me or to dote on me if its not worth sharing.

I don't really trust people with how i feel or who i really am because they will most likely throw it back in my face or die or leave me. So I keep smiling and faking it because its all that can really get me through the day until I can get home and wash myself away in the comfort of a shower and run under the midnight moon where I feel free only to start it over again the very next day.

Wednesday, July 25, 2012

Jam Waktu





Dan di setiap detik yang terlewati, suatu masa aku ingin menjadi jarum penunjuk waktumu, 
"Hei cinta, kita sudah beranjak senja dan menua".

 Kemudian kau layangkan kecupan mesra di keningku yang sudah keriput di makan usia, berlatar belakang gelak tawa cucu-cucu kita.


:)

Untuk mu hai manusia yang ku sebut cinta,
dari sudut asa yang tak kuasa mengatakan bahwa aku ada.

Tuesday, July 24, 2012

A Simply Smile





 I used to see other people smiling and I used to get freaked out by it but then I began to just simply smile and try to maybe brighten some one elses day.

You know, it is nice to see that a simple smile could achieve so much. Therefore I encourage all of you to not only smile for yourself but smile at others and you will begin to see how a simple smile could go a long way.

I should be glad and be thankful that I love to smile and make everybody happy. Cause some people just need people who give them a bright smile to make their day.


Keep your  smile. 
Someone is always falling in love with that smile out there (^_^ ,)


SO PEOPLE, KEEP ON SMILING AS LONG AS YOU CAN!!!



Monday, July 23, 2012

What do I choose my life and reality to be?


Everything up to this point in my life that has or has not happened to me is because of the choices I have made. Every moment of everyday I am a making a choice to either think positively or negatively, the choice to be kind or bitter, the choice to watch television or go outside and be active, the choice to be burdened by past hurts or to let go and be free, the choice to waste time or be purposeful, the choice to live with passion or live to get by, the choice to be happy or to be sad. Everything in life is a choice.  I must take control of my choices and take control of my life.


So, what will I choose?


Wednesday, July 18, 2012

Marhaban Ramadhan 1433 H




Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Peeps!
Maafin zella kalo ada salah-salah kata ya... Semoga ibadah kita semua diterima di sisi Allah SWT.
Tingkatkan ibadah, sucikan hati, benahi diri.
:)

Tuesday, July 17, 2012

Rindu

Aku rindu riuh kecupmu yang mampu melukiskan segala rasa hanya dengan lengkungan bibir saja, sementara segala kata yang kueja tak mampu menafsirkan cinta.

Aku rindu desah nafasmu yang membelai lembut bulu romaku, sederhana nan manja mendesau rindu.

oh Sayang, selalu ada kata rindu di tengah namamu.

Monday, July 16, 2012

You're Beautiful Like You

Assalamualaikum.

........Cantik.....

Apa hal yang pertama kali terlintas di pikiran kita saat seseorang menyebut kata 'cantik'? Seorang aktris terkenal? Seorang wanita? Seorang gadis? Atau sebuah pemandangan alam?

Ya, cantik memang identik dengan sebuah keindahan dari seorang perempuan..

Tapi bagaimana dengan seseorang yang ngerasa dirinya ga cantik dan biasa-biasa saja? Bagaimana dengan seseorang yang ngerasa ga menarik karena kulitnya gelap? Bagaimana dengan orang yang ngerasa minder karena kakinya pendek dan ga jenjang layaknya model di majalah? 

Hai kamu perempuan Indonesia yang diberikan warna kulit yang eksotis, berhenti membanding-bandingkan diri kamu dengan cantik berdasarkan kriteria yang ada di televisi atau majalah. Cantik itu berarti tidak perlu membanding-bandingkan dirimu dengan yang lain. Cantik itu datangnya dari dalam. Tak perlu fisik yang sempurna, asalkan kita bahagia dan menerima segala kekurangan kita sebagai keunikan, rasa percaya diri akan memancar dan membuat orang lain pun menganggap kita menarik. Memang gak semua perempuan ngerasa seperti itu. Banyak yang merasa dirinya secara fisik memiliki banyak kekurangan yang menjadikannya minder bila berdampingan dengan perempuan lain.

Wake up, girls. Cantik itu relatif. Kalo kamu ngebanding-bandingin diri kamu terus sama perempuan lain, ga akan ada habisnya. Akan selalu ada perempuan yang jauh lebih cantik dari kamu. Nah, kalau udah gitu, apa yang bisa kamu lakuin? Mematut sana sini, mengubah ini dan itu agar terlihat seagai perempuan yang paling cantik. Melelahkan sekali  bukan??

Mematut diri buat terlihat paling cantik itu ga akan pernah ada habisnya, girls. Lihat saja kelakuan artis kita yang keturunan Cina, yang kulitnya kuning langsat cantik tanpa cacat malah melakukan tanning untuk mendapatkan kulit yang berwarna sawo matang eksotis layaknya gadis melayu Indonesia. Di sisi lain gadis-gadis Indonesia yang nyata-nyata punya kulit sawo matang malah berusaha segala cara untuk memutihkan kulit mereka. Mulai dari perawatan bleaching di salon yang membutuhkan biaya besar, hingga menggunakan produk kecantikan impor -ga terjamin keamanannya- yang harganya ga lebih dari secangkir black coffee di Starbucks.

Why compare yourself with others? No one in the entire world can do a better job of being you than you.

Girls, berdamai lah ama diri kamu sendiri. Sadari kalau kamu itu cantik dengan caramu. Syukuri setiap anugreah yang udah Allah kasi buat kamu. Mau itu kulit sawo matang, mata sipit, atau pipi tembam. Semua cantik, selama kamu mau menghargai itu dan merasa percaya diri dengannya. Saat siapapun dapat berdamai dengan dirinya sendiri dan menikmati apa yang dia punyai, itu pasti akan sangat menyenangkan. Cantik itu apa adanya kamu dan  apa yang nyaman menurutmu.

Alangkah cantiknya kamu seandainya pipi kamu yang tembam itu dihiasi oleh senyum tulus dan meneduhkan semua lelaki yang memandangnya. Alangkah cantiknya kulitmu yang coklat eksotis itu jika dirawat dengan benar dan dibiarkan sesuai warna aslinya. Alangkah indahnya tubuhmu jika dibalut dengan pakaian yang sopan. 

Duh, alangkah cantiknya kamu saat menjadi dirimu sendiri.




Sunday, July 15, 2012

Mama

"...Saat orang lain bermimpi menjadi dokter, guru, ilmuan, atau astronout, saya malah bermimpi menjadi seorang mama....."

Mama

As you know, Zella lagi ada di Duri, Riau saat ini. Menikmati libur panjang di rumah memang merupakan pilihan yang ga produktif. Apa yang bisa zella lakuin di rumah? Paling hebat hanya membantu mama dalam pekerjaan sehari-hari. Ya, hanya membantu. Sisanya dihabiskan dengan browsing di laptop atau bahkan hanya menonton televisi. Sangat ga produktif.

Baru beberapa hari di rumah, mulai terdengar dumelan dumelan kecil dari bibir zella. Malas begini malas begitu. Ga mau ini ga mau itu. Kamu tau, zella sendiri ga suka mendumel ga jelas. Tapi kali ini titik manja zella berada di titik tertinggi. Sampai zella tersadar, saat melihat seorang malaikat di pagi hari.

Mama.

Dialah malaikat itu. Subuh jam 5 pagi mama sudah terbangun. Mandi pagi, menunaikan shalat subuh lantas kemudian membaca ayat suci Alquran. Kegiatan pagi itu dilanjutkan mama dengan menyiapkan sarapan untuk papa. Pekerjaan pagi mama belum selesai, mama lalu menyapu rumah dan menyetrika tumpukan pakaian yang beberapa hari sebelumnya dicuci dan kemudian mencuci piring kotor di dapur,. Belum lagi lelah mama hilang, mama kemudian pergi ke warung terdekat yang menyediakan sayur dan kebutuhan dapur lainnya. Dengan berjalan kaki, mama membawa beberapa kantung sayuran dan kebutuhan dapur. Tidak ada sedikitpun kata lelah di mata mama. Akhirnya pekerjaan mama selesai setelah memasak beberapa sajian untuk makan siang itu.

Mama.

Duh, aku ini siapa? Kenapa hanya bisa diam melihat mama? 

Begitu mulianya menjadi mama. Wanita paling tegar, kuat, dan setia yang pernah aku temui. Mama sama sekali tidak pernah mengeluh. Segala cobaan hidup dihadapinya dengan tersenyum, meski kadang senyum itu berarti sakit teriris.  Mama dengan sabarnya mBetapa mulianya menjadi seorang mama.

Zella sempat bertanya pada diri sendiri. Seandainya nanti ada lelaki yang datang melamar dan menikahi zella, akankah zella se-kuat, se-tegar, dan se-setia mama?? Jangankan mengerjakan semua perkerjaan rumah itu, membersihkan kamar kos yang hanya berukuran 3x3m saja kadang zella masih mengeluh, "adakah yang bisa menolong??" Padahal hanya membereskan tempat tidur, meja belajar, dan merapihkan lemari, dan mengepel lantai kamar kos saja, zella sudah mencak-mencak dan menelepon mama dengan bilang, "Ma, zella sakit ini sakit itu. Pegel bagian ini bagian itu gara-gara bersihin kamar kos".

Duh, shame on me. Mau jadi apa anak mama ini?

Sedari zella kecil, mama memang mengerjakan hampir semua tugas rumah sendiri. Seingat zella, kami cuma beberapa kali punya pembantu rumah tangga. Zella masih ingat, dulu waktu zella masih duduk di Taman Kanak-kanak hingga kelas tiga Sekolah Dasar, kami sempat punya beberapa pembantu. Itu pun hanya membantu menyapu rumah, mencuci pakaian dan piring kotor. Sisanya mama kerjakan sendiri.

Melihat keikhlasan dan ketangguhan mama, zella tersadar. Zella sudah dewasa. Belajar mandiri dan mengerjakan semua sendiri  demi kebaikan diri. Jika kelak zella menikah nanti, zella harus seperti mama
: patuh dan setia, tangguh dan sabar. Mama tidak kaya, mama tidak punya apa-apa. Tapi mama punya harta yang paling berharga di dunia, yaitu keluarga yang bahagia. Jika sekarang mama tidak punya apa-apa, zella doakan semoga Allah ngasih mama rumah indah di akhirat syurga sana. Amin.


Terima kasih mama, karna udah mau jadi mama buat kami anak-anakmu. Sekarang zella emang ga bisa ngasih apa-apa buat mama. Zella cuma anak manja mama yang cuma bisa ngeluh ini itu. Tapi bila kelak zella sudah menjadi orang yang sukses, kebahagiaan mama akan jadi prioritas utama zella. Zella janji, buat mama.




When you look at your life, the greatest happinesses are family happinesses. ~Joyce Brothers

Thursday, July 12, 2012

Penyesalan itu Datang Belakangan

Tau nggak, zella termasuk orang yang sangat jarang menyesal. Sesalah apapun keputusan yang pernah zella ambil dalam menghadapi hidup, seburuk apapun akibatnya, zella ga pernah menyesal. Zella ikhlaskan semuanya dan jadikan pelajaran buat selanjutnya. Itu aja. 

Zella tipe orang yang lebih suka bilang,
 "Iya gue yang salah kemarin ngambil keputusan terlalu gegabah, besok semoga ga terulang."
 daripada bilang,
 "Sumpah nyesel gue ngambil keputusan kemarin. Anjirrrrr"

Nggak. Zella ga suka gitu. Zella lebih memilih membahagiakan diri walaupun itu sulit, daripada harus menyesal, meratapi nasib, dan terus-terusan bersedih. Menurut zella, sesalah apapun kita di masa lalu, selama kita rasa dulu itu adalah keputusan terbaik yang kita ambil, walaupun akhirnya berakibat fatal, akan selalu ada kesempatan untuk memperbaiki itu semua. Inilah yang diperlukan banyak orang, kesempatan.

Dulu waktu milih masuk ke Kedokteran Hewan IPB, zella sebenarnya milih secara acak-acakan. Ga serius. Ga niat. Ga sesuai dengan kata hati. Ga minat. Ternyata apa yang Allah kasi? Zella diterima di fakultas yang ga zella idamkan, di Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor. Apa zella menyesal? Nggak, sama sekali nggak. Zella malah bilang, alhamdulillah. Ya, Allah SWT udah ngasi zella kesempatan untuk menuntut ilmu, kesempatan ini lah yang harus zella ambil. Zella sama sekali tidak menyesal, dan ternyata kesempatan itu berbuah manis. Alhamdulillah, sejauh ini nilai zella di kampus ungu ini belum pernah jelek. Allah udah ngasih yang terbaik.

Tapi sekuat apapun seorang zella, zella tetaplah seorang anak gadis biasa. Zella pernah menyesal. 

Kegagalan dalam percintaan yang terakhir kemarin benar2 bikin zella menyesal. Sumpah mati, demi apapun zella menyesal. Ini penyesalan zella paling besar, ini kesalahan zella paling fatal. Zella menyesal pernah kenal dengannya, menyesal jatuh cinta, menyesal memaafkannya, menyesal memberi beribu kali kesempatan, menyesal mempercayainya. Bener-bener menyesal. 

Sumpah demi apapun, SAYA MENYESAL.

Hari ini semua terjadi lagi. Kata-katanya sungguh mengecewakan saya. Kalau memang dia sangat membenci saya, kenapa harus stalking twitter sy, kenapa harus menelfon saya lagi? Sudahlah, hapus aja semua daripada bikin sakit hati.
Kan?

Okay, abaikan curhatan zella di atas. Zella capek. Muak. Tapi mau bagaimana lagi, semua udah terjadi kan? Cukup sampai di sana kesalahan yang zella lakuin, zella ga mau memperburuk keadaan dengan semua penyesalan lagi. Yang bisa zella lakuin cuma belajar ikhlas. Ini semua memang kesalahan zella. Zella lah yang terlalu mudah percaya pada orang lain. Zella juga lah yang terlalu baik pada orang lain. Semua memang salah zella. 

Seorang sahabat pernah berkata, 
"Menjadi orang baik itu perlu, sayang. Tapi jangan terlalu baik. Segala hal yang berlebihan itu ga baik."

Sekarang zella mengerti maksud dari kata-katanya. Zella udah kena getahnya. Ikhlas... *take a deep breath*

Oiya, zella cuma mau ngasi tau kalo besok zella mau balik ke Duri. Long long holiday has come. Doakan ya. Semoga perjalanan besok aman, penerbangan ga delay dan lancar, dan zella selamat sampai Duri. Amin. 

Holiday wish: Semoga ga galau lagi. Amin. :D

Saturday, July 7, 2012

Pria Bodoh


Hello :)
Setelah habis dengan entry-entry yang galau ga menentu dan ga jelas beberapa waktu terakhir, sekarang zella nyoba buat nulis hal-hal yang lebih berguna buat kamu semua...

Nah, di bawah ini zella pengen berbagi sama kamu semua tentang beberapa tipe lelaki yang harus kamu hindari. Kenapa? Karena tipe-tipe lelaki kayak gini ini cuma bisa bikin kamu susah, sedih, plus sengsara... Daripada kamu ntar nyesel dan galau, mending dari sekarang hindari cowok kayak gini... ok??

1. Ga punya pendirian
Cowok yang ga punya pendirian itu sama aja sama cowok bego. Kenapa? Cowok kayak gini ni ga punya rencana, ga bisa membuat keputusan tegas, selalu merasa lemah, dan ga tau apa yang harus dia lakuin saat diberi pilihan. Ujung-ujungnya yah nyusahin orang-orang disekitarnya juga. Padahal tau kan ya, cowok itu pemimpin. Kalo ga punya pendirian gitu, siapa dong yang bakal mimpin keluarga ntar? Memimpin diri sendiri nya aja susah.. hehehe. Sedikit bocoran nih, kebanyakan cowok yang ga punya pendirian itu ga setia lho. Coba aja ^.^

2. Ga taat agama
Agama itu kan dasar dari semua hal yang ada dalam hidup, semua hal diatur sama agama. Hidup itu ga boleh suka-suka.. Jadi jangan pernah deketin cowo yang hidupnya ga beragama, yang hidupnya cuma seenak jidatnya aja.. Bisa-bisa kamu cuma dijadiin mainan doang. Jangan ya, jangan... Okay??

3. Suka bohong
Dari awal pedekate aja dia udah suka bohong sama kamu, mulai dari hal-hal kecil kayak keseharian atau kebiasaannya. Nah, belum apa-apa aja udah bohong kayak gitu, apalagi ntar kalo kamu udah deket banget sama dia. Mending ga usah ditanggepin lho cowok kayak gini, daipada kamunya galau ga jelas karna dibohongin terus sama dia, hehehe\

4. Ga belajar dari kesalahan
"Ga pernah habis maaf aku buat kamu, karena aku mencintai kamu lebih dari apa pun". Lupain kalimat barusan, itu semua bullshit. Buat apa coba nerima cowok yang ga bisa belajar dari kesalahannya sendiri? Masih banyak cowok yang jauh lebih berkualitas daripada cowok kekanakan gitu. Ingat girls, kesabaran itu ada batasnya. Kamu bakal capek sendiri lho ntar kalo terus-terusan nerima kesalahan yang sama dari cowok kayak gitu.

5. Mudah terpancing emosi
Ini nih yang paling parah. Cowok yang mudah terpancing emosi itu pasti tempramental sekali. Ga heran kalo ntar ada masalah dikit aja dia bakalan ga sabaran dan langsung emosi. Bisa-bisa nih kamu yang jadi sasaran kemarahan dia. Yah, ga cuma tangan yang akan 'berbicara' di sini, tapi juga bisa mulutnya akan mengeluarkan 'kata-kata mutiara' bila emosinya terpancing. Kamu mau digituin??? ga kan?

Sebenarnya masih banyak lagi ciri-ciri cowok bodoh yang harus kamu hindari. Tapi zella rasa udah cukup segini aja ya... Coba cek dulu gebetan kamu, bisa jadi dia punya salah satu sifat di atas, atau jangan-jangan dia malah punya semuanya.. Hmm... hehehe



Good luck, girls! Find your best! Cmungudh eaa!!!

Friday, July 6, 2012

Memori Juni


Juni hari ke duapuluh sembilan. 
  
Sayang, adakah desah pagi itu mengarak rindumu? 
Serupa menuai padi tak berisi, rinduku hanya menampar kosong di rengkuh jemari. Dekaplah aku, buat hatiku yang bergetar ini tenang sejenak. Tak perlu raga nyatamu. Sehela hangat nafas dari bibirmu cukup untuk membunuh rinduku. Dan rindu tetaplah rindu, meski tiada arti bagimu, aku akan menjemputnya untuk 'ada', dan untukmu. Semoga, suatu ketika. 
(◦''◦ )

♫ Awake - Secondhand Serenade 

Friday, June 29, 2012

Speechless

Ada masa di mana sekelebat bayang datang padamu, mengambil hatimu kemudian membuangnya layaknya sampah tiada guna. Dia menghampirimu hanya untuk memikat kemudian hilang hilang layaknya asap... Yang tertinggal hanyalah asa, duka, ataupun luka..

Kemudian hadir musim baru, semi dengan bunga-bunga mekar merona.

Inilah cintaaa...


June 29th, 2012 @03.00 am

Tuhan, bergetar rasa di dada. Jantung berdetak kencang. Darah berdesir. Aku melakukan hal yang salah. Rasa ini pun salah. Tuhan, ampuni aku....

Saturday, June 23, 2012

My Mood Song #1





Hold on, little girl
Show me what he's done to you
Stand up, little girl
A broken heart can't be that bad
When it's through, it's through
Fate will twist the both of you
So come on, baby, come on over
Let me be the one to show you

I'm the one who wants to be with you
Deep inside I hope you'll feel it too
Waited on a line of greens and blues
Just to be the next to be with you

Build up your confidence
So you can be on top for once
Wake up. Who cares about little boys
That talk too much?
I've seen it all go down
The game of love was all rained out
So come on, baby, come on over
Let me be the one to hold you

I'm the one who wants to be with you
Deep inside I hope you'll feel it too
Waited on a line of greens and blues
Just to be the next to be with you

Why be alone when we can be together, baby?
You can make my life worth while
I can make you start to smile
When it's through, it's through
And fate will twist the both of you
Let me be the one to show you

I'm the one who wants to be with you
Deep inside I hope you'll feel it too
Waited on a line of greens and blues
Just to be the next to be with you
I'm the one who wants to be with you
Let me be the one to show you

I'm the one who wants to be with you
Deep inside I hope you'll feel it too
Waited on a line of greens and blues
Just to be the next to be with you
I'm the one who wants to be with you
Let me be the one to show you




Bahkan sebuah lagu jauh lebih jujur mencerminkan perasaan seseorang dibanding apa yang diucapkannya.




Friday, June 22, 2012

Melupakan Orang yang Pernah Kita Sayang

Baru puts? Galau? Mikirin mantan?

Ga jaman!!!

Okay, straight to the point. Berikut adalah cara-cara buat melupakan orang yang pernah kita sayang.

1. Nangis.
 Kalau kamu baru putus cinta atau lagi patah hati dengan seseorang, adalah hal yang wajar kalau kamu ngerasa sedih ataupun sepi. GALAU, istilah yang lagi keren saat ini. Kalo kamu ngerasa galau dan ga tau harus gimana ngungkapinnya, kamu coba aja nangis sekenceng-kencengnya. Sampe tetangga sebelah tau juga gapapa, asal kamu yakin hal itu bisa bikin kamu lega. Sehari dua hari gapapa kok, yang penting kamu tau kapan waktunya berhenti nagis dan akhirnya bangkit demi kebaikan kamu sendiri.

2. Hangout sama teman.
Kamu kesepian setelah ditinggal kekasih. Kamu ngabisin waktu ngayal ga jelas, bermenung dan akhirnya bikin diri kamu sendiri sedih dan GALAU. Daripada galau ga jelas, mending kamu hangout deh, ajakin teman-teman kamu jalan-jalan, ketawa-ketiwi ga jelas di kafe atau warkop, atau makan sepuasnya tanpa ngerasa ada beban.  Jalani hari-hari bersama sahabat-sahabat baikmu, yang mungkin bisa bikin kamu lupa kalo kamu lagi sedih dan patah hati. Lama-lama keceriaan sama teman-teman bisa bikin kamu NORMAL lagi kok :D

3. Luapin semua rasa kamu.
Kamu bisa nulis di twitter, di facebook, atau di blog. Luapin semua rasa kamu. Tapi ya ada tapinya, kamu harus tau kapan berenti buat galau. Kalo kelamaan mah ntar orang-orang bisa nganggap kamu nyampah, eh kamunya di-unfriend, di-unfollow, bahkan bisa di-block deh sama temenmu.

4. Cari kegiatan lain yang positif.
Misalnya nih, selama ini kamu shholatnya bolong-bolong dan ga pernah ngaji. Nah, sekarang saatnya kamu tingkatin ibadah kamu, ngaji, zikir, banyak-banyak doa semoga mantanmu nyesel ninggalin kamu, ga bahagia sama pacarnya yang baru, atau doain semoga cepat masuk surga #eh. Kalo masi ga cukup, kamu bisa isi waktu dengan belajar atau baca buku di perpustakaan. Wake up, brow. Kalo rajin gitu kan jadi pinter, kalo pinter bisa jadi mahasiswa berprestasi, kalo berprestasi kan bisa bikin terkenal, kalo kamu terkenal kan ntar mantan kamu nyesel ninggalin kamu. hahahha

5. Berhenti menghubungi mantan.
Hapus aja kontaknya dari hp kamu. Delcont aja dia dari bbm kamu. Kalo perlu, block aja sekalian. Lupain semua tentang dia. Barang-barangnya boleh kamu buang atau sumbangin ke panti asuhan, kayak boneka, baju, atau apapun yang pernah dia kasi buat kamu. Kalo ga tega, kamu kardusin aja semuanya, simpen di gudang. Gampang kan?

6. Sadar diri.
Udah sih, ngapain juga ditangisin. Sadar dong, cowok bukan dia aja. Masih banyak kok yang mau sama kamu. Kamu kan cantik, baik, pinter lagi. Siapa sih yang ga mau sama kamu. Kan? So kalo dia ninggalin kamu, kamu nya move up dong, tunjukin kalo kamu kuat dan hebat tanpa dia. Biar dia yang nyesel. Kan?


Nah, itu semua bisa kamu lakuin kalo lagi patah hati. Silakan coba tips zella di atas. Yang ga baik diabaikan aja, ambil yang baik menurut kamu. Emang sulit, tapi pasti bisa kan? Sadar, kamu udah dewasa. Kenapa harus bersedih karena orang yang ga pantas buat kita. Ingat kalau Allah ada buat kamu, orang tua kamu sayang sama kamu. Bahagiakan mereka, jangan malah bikin mereka sedih karena kelakuan kamu.

“Ingatlah hidup mesti diteruskan dan bukan untuk diratapi”



Just because something good ends, doesn't mean something better won't begin.

go girl!
Wake up everyday stronger than yesterday, wipe your tears and face your fears. It's time to let go the past and live your present. Smile :)


Wednesday, June 13, 2012

Daun Bisa Memilih (?)



Jika Daun Bisa Memilih Angin Mana yang Boleh Menjatuhkannya

At the moment, crying is my only way to explain how everything made me broken.

Ok, abaikan kalimat di atas. 

Kenapa dengan daun? Kenapa Jika Daun Bisa Memilih Angin Mana yang Boleh Menjatuhkannya??

Daun tidak pernah bisa memilih angin mana yang boleh menjatuhkannya dari tempat ternyamannya di atas pohon, ke tanah yang penuh debu bahkan kotoran. Daun tidak punya pilihan, bahkan dia tidak pernah diberi kesempatan untuk memilih. Bila tiba masanya ia untuk jatuh dan kemudian melayang di udara walau hanya sekejap, ia akan jatuh juga. Tapi adakah ia memilih angin? Tidak.

Daun jatuh. 



Seperti seorang gadis. Fase menjadi seorang gadis remaja adalah sebuah fase yang penuh dengan suka cita, kegembiraan dan hura-hura bagi sebagian orang.  Di masa ini semua abu-abu. Sulit sekali membedakan mana yang baik, terbaik, dan yang tidak baik. 

Mungkin fase ini yang sempat zella lalui beberapa tahun terakhir. Remaja. Teenager. 

Hidup dalam masa abu-abu. Segala hal sepertinya asik untuk dicoba. Tapi ada satu kesalahan di sini, zella mencoba jatuh cinta. Tapi apakah zella bisa memilih dengan siapa cinta itu terjatuh? Tidak. Ia datang begitu saja, membuat segalanya indah, dan aku terjatuh.


Dan bila segalanya berakhir duka dan nestapa, siapa yang bisa disalahkan atas keadaan itu?? Tidak ada. 

Daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. Tak melawan. Mengikhlaskan semuanya.” — Tere Liye (Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin)

Jika daun bisa memilih angin mana yang boleh menjatuhkannya, mungkin cinta ini boleh memilih pada hati mana ia bertaut.

Apakah zella membenci semua yang telah terjadi? Zella menyesal?
Tidak. Tak ada hal yang patut disesali di atas dunia ini. Segala sesuatu pasti terjadi karena sebuah alasan. Allah SWT telah memilihkan jalan yang terbaik. Mungkin zella yang berbelok kemudian memilih jalan yang salah. Tapi zella tidak menyesal. Ini pelajaran untuk masa depan. 

Aku memilih untuk melepaskan bukan berarti aku menyerah atas segala yang terjadi. Tetapi lebih kepada memahami bahwa ada beberapa hal yang tak dapat aku paksakan. Tidak selamanya sesuatu yang baik dan bagus itu adalah yang terbaik untuk kita, dalam beberapa kejadian justru yang tidak baiklah yang menuntun jalan kita. Syukuri tiap anugrah yang diberikan. Allah SWT selalu ada dan tidak pernah menutup mata.

Maybe, I ever love the wrong person, cry for the wrong reason, but one thing for sure is that mistakes help me to find the right one. Someday.

Dan sekarang saatnya untuk move on. It's time I let go the past, live the present, and look forward for the future. I'm stronger than you see...
:)

Thanks for reading. Bye!