Sunday, April 21, 2013

Jilbab dan Kelakuan

Beberapa waktu lalu, tidak sengaja saya membaca twit seorang selebtwit yang menghujat kelakuan buruk seseorang yang berkerudung. 
Kira- kira dia menulis begini,
"Tolong deh, kalo hijaban tuh sesuain sama kelakuan. Hijab doang rapih, kelakuan berantakan."
"Hijaban kalo kelakuan minus juga orang bukannya segen, malah nyibir dan nyepelein."

Saya tidak tahu masalahnya apa, tapi saya sebagai seorang muslimah yang berhijab tergelitik untuk membalas twit tersebut dengan sedikit pembelaan. Hehehe
Saya menulis begini, 
"Kak, hijab sama kelakuan ga ada hubungannya lho. Hijab soal kewajiban kepada Tuhan, kelakuan soal moral kepada manusia."

Nah, dari situlah saya iseng-iseng kultwit soal kerudung dan kelakuan.  Tulisan saya kali ini saya copas dari kultwit saya di @zzellano

Percaya deh, antara hijab/jilbab dengan kelakuan seseorang itu ga ada hubungannya. Jilbab itu soal kewajiban seorang wanita muslim kepada Tuhan, tidak peduli akhlaknya baik atau buruk. Sementara akhlak/perilaku, itu soal bagaimana sesorang menempatkan dan memposisikan dirinya di antara sesama manusia. Baik buruk seseorang di mata manusia dinilai dari seberapa baik dia memperlakukan sesamanya. Baik buruk sesorang di mata Tuhan, dilihat dari seberapa kuat dia mempertahankan dan menjalankan aqidahnya.

Kalau jilbab harus berhubungan dengan akhlak dan kelakuan yang baik, buktinya ga semua yang pakai jilbab itu baik, dan ga semua yg ga berjilbab itu ga baik. Kan? Perbuatan tercela itu tetap dosa dilakukan oleh manusia siapapun dia, mau dia kaya, miskin, laki-laki,perempuan, berjilbab ataupun tidak.

Tak ada tuntutan jilbab itu hanya boleh dipakai oleh mereka yang telah sempurna akhlaknya. Jilbab wajib dikenakan semua perempuan islam yang sudah baligh seperti wajibnya shalat, tak perduli sifat seperti apa yang mereka miliki.

 "Mending gak usah pake jilbab aja sekalian, daripada pake jilbab tapi kelakuan kayak gitu”. Yg salah orangnya, tp jilbabnyapun ikut dihujat. Mending mana ga jilbaban tapi kelakuan baik, atau jilbaban tapi kelakuan buruk? Ga mending dua-duanya. Mending itu yah, berjilbab dan kelakuan baik. Itu muslimah sejati.

Mulai sekarang, berhenti deh nge-judge orang hanya dari dia berjilbab atau enggak. Jangan lagi menghubung-hubungkan antara jilbab dengan kelakuan seseorang. Kalau ada yang salah dari kelakuan seorang wanita berjilbab, janganlah jilbabnya yang di hujat, tapi ingatkanlah mereka.

Saya berjilbab dan kelakuan saya masih jauh dari sempurna. Masih banyak keburukan dalam diri saya. Tapi insyaallah saya ada dalam tahap memperbaiki diri.

:)

No comments: