Friday, December 28, 2012

Hello Future


Belajar dari masa lalu.

Selalu ada hal menarik jika kita belajar dari masa lalu. Setiap orang memiliki masa lalu mereka sendiri-sendiri, baik atau buruk. Dan satu hal yang pasti dari masa lalu adalah masa tersebut tidak akan pernah bisa kita ulang walau seperseribu detikpun. Masa yang telah membuat kita seperti sekarang ini. Itulah masa lalu. Semua tak akan pernah sama seperti dahulu. Bumi terus berputar, manusia terus berubah. Hanya masa lalu yang akan tetap sama. 

Masa lalu memang sudah kita tinggalkan. Tapi bagaimana kita hari ini sangat ditentukan oleh masa lalu. Bagaimana pola pikir dan tingkat kedewasaan kita sangat ditentukan oleh bagaimana kita menyikapi masa lalu.

Betapa bodohnya aku yang di masa lalu terus asik dalam pengharapan yang salah tanpa pernah terusik, sementara aku sendiri menyadari betul kesalahan itu. Dan kini baru aku rasakan sesak akan rasa yang dulu begitu congkak. Mungkin aku memang harus segera beranjak, dari sebuah titik di mana aku selalu berpijak. 

Aku manusia biasa, berjalan dan terus mengikuti aliran kehidupan. Aku akan menjalani semua sesuai aturanku, selama itu tidak salah menurut aturanNya. Tapi dengan belajar dari masa lalu aku menyadari bahwa aku harus segera berubah. Harus dan tidak boleh tidak.

Perubahan itu perlu, karena dengan begitu aku belajar. 


And it's the beginning of something. It's a start either for you, and for us to have such as beautiful things. It's a hope, because finally there is another good things can happen, that we can finally be proud of.

1 comment:

Rahma said...

Semangat...semangat...
:)