Monday, July 16, 2012

You're Beautiful Like You

Assalamualaikum.

........Cantik.....

Apa hal yang pertama kali terlintas di pikiran kita saat seseorang menyebut kata 'cantik'? Seorang aktris terkenal? Seorang wanita? Seorang gadis? Atau sebuah pemandangan alam?

Ya, cantik memang identik dengan sebuah keindahan dari seorang perempuan..

Tapi bagaimana dengan seseorang yang ngerasa dirinya ga cantik dan biasa-biasa saja? Bagaimana dengan seseorang yang ngerasa ga menarik karena kulitnya gelap? Bagaimana dengan orang yang ngerasa minder karena kakinya pendek dan ga jenjang layaknya model di majalah? 

Hai kamu perempuan Indonesia yang diberikan warna kulit yang eksotis, berhenti membanding-bandingkan diri kamu dengan cantik berdasarkan kriteria yang ada di televisi atau majalah. Cantik itu berarti tidak perlu membanding-bandingkan dirimu dengan yang lain. Cantik itu datangnya dari dalam. Tak perlu fisik yang sempurna, asalkan kita bahagia dan menerima segala kekurangan kita sebagai keunikan, rasa percaya diri akan memancar dan membuat orang lain pun menganggap kita menarik. Memang gak semua perempuan ngerasa seperti itu. Banyak yang merasa dirinya secara fisik memiliki banyak kekurangan yang menjadikannya minder bila berdampingan dengan perempuan lain.

Wake up, girls. Cantik itu relatif. Kalo kamu ngebanding-bandingin diri kamu terus sama perempuan lain, ga akan ada habisnya. Akan selalu ada perempuan yang jauh lebih cantik dari kamu. Nah, kalau udah gitu, apa yang bisa kamu lakuin? Mematut sana sini, mengubah ini dan itu agar terlihat seagai perempuan yang paling cantik. Melelahkan sekali  bukan??

Mematut diri buat terlihat paling cantik itu ga akan pernah ada habisnya, girls. Lihat saja kelakuan artis kita yang keturunan Cina, yang kulitnya kuning langsat cantik tanpa cacat malah melakukan tanning untuk mendapatkan kulit yang berwarna sawo matang eksotis layaknya gadis melayu Indonesia. Di sisi lain gadis-gadis Indonesia yang nyata-nyata punya kulit sawo matang malah berusaha segala cara untuk memutihkan kulit mereka. Mulai dari perawatan bleaching di salon yang membutuhkan biaya besar, hingga menggunakan produk kecantikan impor -ga terjamin keamanannya- yang harganya ga lebih dari secangkir black coffee di Starbucks.

Why compare yourself with others? No one in the entire world can do a better job of being you than you.

Girls, berdamai lah ama diri kamu sendiri. Sadari kalau kamu itu cantik dengan caramu. Syukuri setiap anugreah yang udah Allah kasi buat kamu. Mau itu kulit sawo matang, mata sipit, atau pipi tembam. Semua cantik, selama kamu mau menghargai itu dan merasa percaya diri dengannya. Saat siapapun dapat berdamai dengan dirinya sendiri dan menikmati apa yang dia punyai, itu pasti akan sangat menyenangkan. Cantik itu apa adanya kamu dan  apa yang nyaman menurutmu.

Alangkah cantiknya kamu seandainya pipi kamu yang tembam itu dihiasi oleh senyum tulus dan meneduhkan semua lelaki yang memandangnya. Alangkah cantiknya kulitmu yang coklat eksotis itu jika dirawat dengan benar dan dibiarkan sesuai warna aslinya. Alangkah indahnya tubuhmu jika dibalut dengan pakaian yang sopan. 

Duh, alangkah cantiknya kamu saat menjadi dirimu sendiri.